Rabu, 17 Februari 2010

Diklat Mengurus Jenazah Diminati Warga

Diklat Mengurus Jenazah Diminati Warga
Senin, 16 Maret 2009 18:56
Tangerang, NU Online
Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Binong, Curug, Tangerang, untuk yang pertama kalinya menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (diklat) Sehari Pengurusan Jenazah.

Acara digelar pada pada Ahad (15/3) kemarin. Di luar dugaan panitia, antusias masyarakat cukup tinggi terhadap diklat ini, terbukti dari banyaknya peserta yang hadir hampir dua kali lipat dari target dan undangan yang disebar oleh panitia.

Mukhlisin, Sekretaris Panitia menuturkan, dari 22 musholla/masjid dan majlis ta'lim yang diundang, rata-rata mengirimkan empat peserta dalam diklat ini padahal dalam undangan tersebut panitia awalnya hanya menyediakan untuk 2 orang peserta satu peserta putra dan satu peserta putri.

Ketua Panitia Drs Hasan Anshori dalam sambutanya sempat meminta maaf kepada peserta karena keterbatasan tempat dan ruangan diklat yang berkapasitas 50 orang terpaksa diisi sampai 80 orang lebih.

Sementara itu Mahfud Badrun, SH selaku Ketua Tanfidziyah NU Ranting Binong mengatakan bahwa baru pertama kali ini kegiatan NU Ranting Binong dalam menyelenggarakan kegiatannya mendapat sambutan dan diikuti oleh peserta jauh melebihi target atau prediksi.

“Saya sangat berterima kasih dan bersyukur bahwa ditengah maraknya parpol dan caleg berkampanye melalui bendera dan foto caleg di jalan-jalan umum ternyata kegiatan sosial keagamaan yang diprakarsai oleh Pengurus NU Ranting Binong ini masih tetap diminati oleh masayakarat. Semoga diklat ini bisa menjadi bekal dan menambah ilmu serta ketrampilan para peserta dalam menjalankan tugas mulianya mengurus jenazah di lingkungan masing-masing,” kata Mahfud Badrun dalam sambutannya.

Antusias peserta juga terlihat selama jalanya acara berlangsung selama mengikuti jalanya pemaparan materi oleh narasumber baik teori maupun praktek, hal itu terbukti dari banyaknya peserta yang terlibat dalam dialog sesi tanya jawab dengan nara sumber sampai ahirnya panitia memutuskan untuk membatasi jumlah penanya dari peserta karena keterbatasan waktu.

Diklat Pengurusan Jenazah ini dikemas oleh panitia mirip seminar yang diselenggarakan oleh perusahaan swasta dan komersial yang dilengkapi dengan doorprize atau pemberian souvenir kepada peserta dan narasumber yang terlibat dalam sesi dialog/tanya jawab dan juga dilengkapi dengan form feedback (angket) dari peserta diklat guna meminta masukkan dari peserta tentang jalanya diklat tersebut serta meminta saran dan masukkan atas rencana kegiatan NU Ranting Binong diwaktu yang akan datang.

Dari hasil angket tersebut, hampir semua peserta menyatakan sangat puas dengan inisiatif panitia menyelenggarakan kegiatan yang cukup langka ini dan mereka berharap semoga acara atau program lain yang bermanfaat buat masyarakat bisa dilaksanakan kembali di waktu yang akan datang dan hendaknya NU Binong lebih gencar dalam mensosialisasikan berbagai kegiatanya agar lebih luas jangkauan dan manfaatnya buat masyarakat. (nam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar